/* Kotak Iklan----------------------------------------------- */ .kotak_iklan {text-align: center;margin-top:10px;margin-bottom:8px;background:#ddd;padding-top:11px} .kotak_iklan img {margin: 0px 0px 4px 6px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #cecece;background:white} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #999} .kotak_iklan300 {text-align: center;margin-top:0px;}

Sabtu, 07 Juni 2014

Design Projek Robotika : Konveyor Pengepakan Barang Menggunakan Lengan Robot

Kali ini saya akan memposting karya desain saya yaitu konveyor pengepakan barang menggunakan lengan robot. pada projek ini saya menggunakan konveyor sebagai penggerak dari tempat atau kardus yang merupakan pengepakan dari air mineral. pada desain ini saya mengambil bagian pengepakan. bagian pembuat air mineral sudah dianggap siap di packing. sistem pengambilan dari air mineral menggunakan lengan robot yaitu gripper pencekam.sistem kontrol dari projek ini menggunakan Mikrokontroller ATmega untuk pengontrol dari lengan dan sistem konveyor sendiri
menggunakan PLC.

saya akan menjelas kan sedikit tentang PLC ( progammable Logic Control ) yang merupakan salah satu alat kontrol yang biasa nya di pakai di industri. PLC yang saya pakai adalah PLC dari Schneider. sistem kontrol nya sendiri berbeda dari sistem dari Atmega. PLC sendiri menggunakan Ladder Diagram jika PLC Schneider. materi kuliah saya juga mempelajari PLC sendiri dan mempelajari beberapa jenis dari PLC. PLC Schneider dan Mitsubishi. ini adalah gambar dari PLC keluaran Schneider :
Program dari PLC ini menggunakan ladder diagram menggunakan komputer yang akan di download kedalam PLC nya sendiri. aplikasi nya di dapat dari pembelian PLC schneider. saat ini saya menggunakan aplikasi TwidoSuite. berikut contoh ladder diagramnya :



projek ini adalah mata kuliah dari Robotika di jurusan Mekatronika Politeknik Caltex Riau semester 4. berikut adalah Desain dari projek saya :


Gripper Dari Lengan Robot


Saya juga akan memberikan Softfile dari desain saya semoga dapat membantu dan memberikan informasi bagi yang membaca blog saya dan saya menggunakan Aplikasi Solidworks 2013. klik gambar ikon download dibawah ( www.4shared.com )


Tidak ada komentar: